Warga RW 04 Candi Siap Memenangkan Demokrasi

Penulis: Teguh Irawan

Minggu pagi (29/11) yang cerah menyambut Warga RW 04 Kelurahan Candi, Kota Semarang untuk melakukan Senam Sehat bersama. Kegiatan yang sudah jarang dilakukan semenjak pandemi Covid19 ini sengaja diacarakan untuk membangun semangat warga menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Kota Semarang. Oleh karena itu agenda Senam Sehat yang diinisiasi oleh Ketua RW, Agus Sriyanto TA, ST ini sengaja mengundang Komisioner KPU Kota Semarang untuk memberikan sosialisasi pemilukada kepada warganya.

Menurut Agus, “masih banyak warga yang bertanya, Calon Walikota Semarang ada berapa pasangan? Kapan coblosan dilakukan?” Hal itulah yang mendasari inisiatifnya untuk menghadirkan Anggota Komisioner KPU Kota Semarang, Bapak Suyanto untuk mengisi waktu setelah kegiatan senam. Sosialisasi yang berlangsung dengan santai di pelataran Balai RW 04 Candi ini berlangsung sangat dialogis, warga antusias dan aktif menanyakan seputar pelaksanaan Pilwalkot Kota Semarang. Apalagi, dalam acara tersebut dihadiri oleh Lurah Candi, Hartanto, SH yang datang menyusul di tengah acara bersama anggota Babinsa dan Babinkamtibmas.

Dalam penyampaian di tengah Warga RW 04 yang juga dihadiri anggota KPPS dari 3 TPS di RW 04 yang belum genap seminggu ditetapkan, Komisioner KPU Kota Semarang, Suyanto menyampaikan kesiapan KPU Kota Semarang untuk melaksanakan pemilihan Walikot Semarang pada 9 Desember 2020 mendatang. Suyanto menghimbau agar warga Kota Semarang tidak perlu ragu datang ke TPS meskipun pilkada dilaksanakan di tengah suasana pandemi Covid19. KPU telah mempersiapkan logistik untuk TPS dan Petugas KPPS dengan standar protokol kesehatan. Nantinya, sebelum pelaksanaan pemungutan suara, setiap TPS akan dilakukan penyemprotan disinfektan dan dilengkapi dengan fasilitas cuci tangan dan handsanitizer, demikian juga setiap petugas KPPS telah disiapkan kelengkapan untuk penerapan protokol kesehatan. Penataan TPS pun akan ditata sedemikian rupa agar prinsip 3M diterapkan dengan sungguh-sungguh.

Tidak hanya Petugas KPPS, pemilih pun berkewajiban datang ke TPS dengan menggunakan masker dan mengikuti prosedur pemungutan suara dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Kesiapan tersebut menurut Suyanto bagian dari komitmen KPU untuk menjamin setiap warga dalam menggunakan hak suara dalam pesta demokrasi dengan rasa nyaman, aman dan sehat. Oleh karena itu, mengakhiri penyampaiannya, Suyanto menekankan agar warga tidak perlu ragu apalagi takut menjalankan kewajiban sebagai warga negara yang baik untuk menggunakan hak pilihnya secara Luber dan Jurdil.

Selanjutnya, Lurah Candi, Hartanto mengapresiasi Warga RW 04 yang memiliki semangat partisipatif dalam agenda pilkada. Pak Lurah memberikan pesan singkat agar Warga RW 04 menyambut pelaksanaan pilkada dengan senang hati, saling mengingatkan dan mengajak anggota keluarga yang telah memiliki hak pilih untuk datang ke TPS pada hari Rabu tanggal 9 Desember 2020.

Pada kesempatan dialog dengan suasana keterbukaan, banyak hal yang ditanyakan oleh warga dan dikupas dengan tuntas oleh Komisioner KPU Kota Semarang. Pertanyaan yang diajukan silih berganti itu, antara lain; kalau ada anggota keluarga yang bekerja di luarkota apakah hak pilihnya dapat diwakilkan kepada anggota keluarganya? Ada juga yang bertanya, “Kalau ada warga memiliki hak pilih tapi tidak datang ke TPS kita lapor ke siapa dan siapa yang berkewajiban mengingatkan? Ada juga pertanyaan yang serius, “Kalau suara yang menang kotak kosong terus bagaimana?” Bahkan ada pertanyaan yang kocak, “Kalau sudah datang dan tanda tangan kehadiran di TPS dapat uang saku apa enggak?”

Sumua pertanyaan yang diajukan oleh warga, ditanggapi dengan baik dan dijawab dengan penuh kesabaran dan santai oleh Suyanto, anggota Komisiner KPU Kota Semarang. Sosialisasi dan dialog selama satu jam tersebut berlangsung dengan santai dan santuy, dan akhirnya pada pukul 09:00 wib acara disudahi karena cuaca matahari mulai terasa panas. Begitulah cara RW 04 Candi melakukan dialog sehat sambil berjemur matahari pagi bersama KPU Kota Semarang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PaliWara medsos

0PengikutMengikuti
5PengikutMengikuti
- Advertisement -

Berita Terkini