Unnes Berikan Gelar Doktor Honoris Causa Kepada Menteri Airlangga

Paliwara.id, SEMARANGUnnes berikan gelar Doktor Honoris Causa (HC) kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Ia memeroleh penghargaan gelar Doktor di bidang Manajemen Olahraga.

Program Doktor Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan gelar ini, terkait kepemimpinan Airlangga dalam Pengurus Besar Wushu Indonesia.

Saat pemberian gelar Doktor HC, Ketua Umum Partai Golkar itu menyampaikan orasi ilmiah. Transformasi Organisasi Olahraga melalui Kepemimpinan Humanis adalah judul orasi ilmiah yang ia bacakan pada saat upacara penganugerahan.

Menurut dia, masa pandemi Covid-19 tidak menguntungkan bagi pembinaan olahraga. Kompetisi berhenti, batal atau tunda pelaksanaannya demikian pula kejuaraan-kejuaraan di berbagai tingkatan.

Dalam kegiatan olahraga, satu hal yang tidak mungkin menghindari adalah menjaga jarak fisik, kontak fisik dan memakai masker. Kedua hal itu merupakan protokol kesehatan yang wajib.

Sisi lain, situasi pandemi memberi kesempatan untuk melakukan rebooting dan restarting guna merancang kembali tata Kelola pembinaan. Melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara maksimal.

Menurutnya, prestasi olahraga pada dasarnya muncul dari performa atlet dan pelatih. Namun peran dan kinerja organisasi juga mempengaruhi performa atlet yang berdampak pada pencapaian prestasi.

Tujuan lain yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kesinambungan prestasi melalui proses talent scouting yang accountable, scientific dan tetap memberikan sentuhan manusiawi.

Unnes Berikan Gelar Doktor, Promotor: Beliau Pantas Mendapatkannya

Prof Dr Tandyo Rahayu MPd sebagai ketua tim promotor pemberian gelar mengatakan, bahwa capaian-capaian atlet wushu yang ada di bawah kepemimpinan Airlangga menjadikan bukti bahwa upayanya memajukan olahraga Wushu di Indonesia berbuah prestasi.

Anggota senat akademik Universitas Negeri Semarang (UNNES) itu juga mengatakan telah banyak karya tulis Airlangga yang tentang tema kepemimpinan.

“Kiprahnya tentu tak hanya di bidang olahraga, namun segala karya dan inovasi beliau kiranya menurut tim promotor pantas untuk menerima penganugrahan gelar ini,” tuturnya.

Prof Rahayu menjelaskan raihan-raihan para atlet Wushu Indonesia tak hanya di tingkat regional semata, bahkan di tingkat internasional. Capaian terbaik Airlangga bukan hanya pada prestasi atlet semata, namun reformasi kepemimpinan di tubuh organisasi asosiasi Wushu tersebut.

“Banyak inovasi yang membuat keberlangsungan pembinaan atlet Wushu mencapai prestasi terbaik,” tambah Prof Rahayu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PaliWara medsos

0PengikutMengikuti
5PengikutMengikuti
- Advertisement -

Berita Terkini