Vaksinasi Drive Thru, Ala Kota Semarang Hindari Kerumunan

LenteraJateng, SEMARANG – Sebagai perlindungan warga dan sekaligus menciptakan herd immunity, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menggelar vaksinasi Covid-19 di objek wisata Klenteng Sam Poo Kong. Menariknya, Pemkot Semarang melaksanakan dengan konsep drive thru sehingga tidak akan menimbulkan kerumunan.

Tidak hanya dengan konsep vaksinasi drive thru, pelaksanaan pendaftaran vaksinasi pun secara online melalui website victori.semarangkota.go.id. Kedua konsep tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan yang berpotensi menciptakan kluster baru penularan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan, penyelenggaraan vaksinasi di Klenteng Sam Poo Kong, rencananya akan berlangsung sekitar dua bulan. Sejak 7 Juni 2021 lalu,  Pemkot Semarang mengupayakan pelaksanaan vaksinasi sampai 30 Juli 2021 mendatang, sedangkan pendaftaran tutup pada 1 Juli 2021.

“Kuota peserta vaksinasi setiap harinya kami batasi, agar tidak terjadi penumpukan. Maka kami merancang kegiatan vaksinasi agak panjang, sekitar dua bulan,” kata Hendi, sapaan akrabnya, di Semarang.

Kuota vaksinasi setiap harinya hanya untuk 500 orang. Pendaftaran dengan sistem online bisa secara otomatis membagi waktu penerimaan vaksin sehingga tidak terjadi antrean dan kerumunan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam menargetkan, vakisnasi di Sam Poo Kong dapat meningkatkan persentase penerima vaksin di kota tersebut.

“Untuk mempercepat vaksinasi, di Sam Poo Kong, Dinas Kesehatan juga menyediakan drive thru dan non drive thru,” tambahnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PaliWara medsos

0PengikutMengikuti
5PengikutMengikuti
- Advertisement -

Berita Terkini